Internet Marketing

Internet marketing memang baru ramai dikenal
sejak tahun 1994. Namun perkembangannyasemikian cepat, seiring dengan pesatnya
pertumbuhan jumlah pengguna internet didunia.
Internet marketing atau e-marketing adalah
segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa
melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam
e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran
yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau kata lain
sarana untuk memasarkan produk/jasa lewat internet.
Internet telah memberikan banyak manfaat untuk
pemasaran, salah satunya adalah biaya yang lebih rendah dan memiliki kemampuan
lebih besar untuk mendistribusikan informasi dan media ke khalayak ramai.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi
atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan,
pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau
copywriting. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi
kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan
banner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (search engine), surat
elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising),
pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive
advertising), dll.
Menjadi Internet Marketing adalah merupakan
pilihan profesi yang menjanjikan dan terbilang prospektif. Lalu apakah Internet
Marketing merupakan suatu pekerjaan yang mudah dan menjanjikan kekayaan instant
? Jawabannya tentu saja tidak ! Bahkan anda harus telaten
Layaknya anda menjalankan bisnis konvensional.
Bahkan anda harus berpikir strategis dalam menjalankannya.
Internet marketing adalah sebuah ilmu yang luar
biasa, walau hingga saat ini belum ada fakultas yang membahas secara khusus
tentang apa itu internet marketing. Ilmu Internet Marketing dapat secara bebas
anda dapatkan dan pelajari dalam Internet itu sendiri. Namun kemudian justru
disini masalahnya. Anda harus pandai memilah ilmu mana yang menjerumuskan dan
ilmu mana yang akan membuat anda sukses di bidang Internet Marketing. Yang
pasti anda jangan sampai terjebak dengan kata-kata “Kekayaan Instant Dengan
MUDAH”. Itu sama sekali tidak benar adanya.
Sebagian orang mengatakan mencari uang di
internet itu sangat mudah hanya dengan mengikuti metode ‘A’ atau ‘B’ dan semua
bisa mendapatkan uang lewat internet, mulai
dari anak-anak, ibu rumah tangga bahkan yang
belum mengerti komputer-pun bisa mencari uang lewat internet”. Apakah benar
semudah itu? Faktanya :TIDAK ada metode yang bisa membuat anda kaya dalam
semalam.
Mayoritas pengusaha memasuki arena Internet
Marketing karena beranggapan itu murah biayanya dan berpotensi untung besar.
Walaupun anggapan ini tidak salah namun adalah suatu kesalahan besar apabila
menganggap internet marketing itu mudah dan dapat ditangani dengan santai.
Sesuai dengan prinsip "waktu adalah uang" maka dalam mengelola sebuah
e-marketing, apabila seorang internet marketer tidak memiliki banyak uang untuk
membayar orang menjalankan pengelolaan, maka ia harus bersedia menghabiskan
banyak waktu untuk menjalankan pengelolaan secara langsung. Kondisi salah kaprah
bahwa e-marketing itu mudah dan murah bertambah parah akibat banyaknya money
game yang berkedok e-marketing, yang mengumbar bahwa dengan e-marketing bisa
cepat kaya dan hanya perlu bekerja satu atau dua jam seminggu. Semua
e-marketing yang berhasil, yang dimulai dengan modal kecil, mencapai
keberhasilan setelah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun dikelola dengan baik
dan konsisten dan dengan menghabiskan sebagian besar waktu pemiliknya.
Banyak orang terlena dengan sukses Google dan
berharap bahwa bisnis mereka bisa seperti itu namun Google adalah contoh
fenomena, hanya 1 dari sekian juta yang bisa seperti itu; seharusnya dalam
menjalankan bisnis, internet marketer dapat membuat asumsi dan target yang
masuk diakal dan dapat dicapai dan dalam waktu yang wajar, misalnya 1 atau 2
tahun, bukan 1 atau 2 bulan.
Pada saat ingin memulai suatu bisnis, seorang
calon internet marketer akan berpikir betapa lamanya waktu 2 tahun tersebut,
terutama untuk bisnis yang dianggap harus berkembang dengan sangat cepat, akan
tetapi apabila bisnis tersebut tidak dimulai maka 2 tahun kemudian orang yang
sama akan berada pada tempat yang sama dan mungkin masih dengan ketidaksabaran
yang sama dan memikirkan masalah yang sama sedangkan bagi yang sudah memulainya
akan telah mulai melihat hasilnya. Tujuan dari internet marketing adalah agar
setiap orang yang menggeluti usahanya didunia maya bisa Earn money from
internet (menghasilkan uang dari internet).
Berikut ini contoh beberapa orang yang sudah sukses dalam
menjalankan internet marketing.
·
Anne Ahira (AsianBrain) menjual informasi
berupa ebook (buku elektronik), audio dan video dimana pembeli hanya bisa
membaca informasi itu. Cara penjualannya yaitu dengan sistem membership
(keanggotaan), dimana setiap member AsianBrain dapat masuk ke sebuah ruang
website yang didalamnya bisa diakses informasi-informasi tersebut.
·
Justin Esch & Dave Lefkow (BaconSalt.com)
menjual produk berupa bumbu masakan melalui internet.
Ketika seseorang mengubah
semua itu dari offline menjadi online dan hampir semua transaksi dan promosi
dilakukan secara online dengan media website yang melakukan presentasi melalui
internet maka kegiatan itu bisa disebut internet marketing.
Jadi secara sederhana,
Internet Marketing adalah suatu kegiatan marketing yang dijalankan secara
online (melalui internet).
Ada 3 jenis penghasilan yang dpat diperoleh lewat internet
marketing.
1. Product Creation
Product Creation atau dapat
dikatakan menjual produk sendiri. Cara ini tidak begitu dianjurkan bagi para
pemula internet marketer jika dibandingkan dengan dua jenis yang lain. Mengapa
demikian?, karena jenis ini bagi pemula yang akan terjun sebagai internet
marketer masih membutuhkan banyak modal untuk membuat produknya sendiri.
2. Affiliate Marketing
Affiliate marketing atau
dapat dikatakan menjual produk orang lain. Cara ini merupakan cara yang
dianjurkan bagi para pemula internet marketer. Karena ketika kita berhasil
menjual produk orang lain, maka kita bisa mendapatkan komisi dari sang penjual.
Didunia internet marketing, komisi yang nanti akan Anda dapat bisa mencapai 75%
dari harga produk yang terjual!
3. Advertisement Marketing
Advertisement Marketing kata
lainnya kita dapat menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain.
Artinya kita mempunyai sebuah website dan orang akan memasang iklan mereka
diwebsite yang sudah kita buat, dan tentunya dalam hal ini kita akan mendapat
bayaran.
Ada 3 alasan pentingnya
Internet Marketing bagi perkembangan bisnis.
1. Pergeseran gaya hidup (lifestyle)
Semakin pentingnya posisi internet
marketing dalam menunjang aktifitas bisnis, tidak terlepas dari pergeseran gaya
hidup/lifestyle dari manusia diberbagai belahan dunia.
Gaya hidup yang mengutamakan
kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat
Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang
saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan
oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing.
Begitupun dengan cara mencari
informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka
membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan,
mereka lebih senang mencarinya melalui internet.
Memang secaramayoritas para
calon konsumen masih banyak yang pergi ke mall, menghubungi sales, menonton
televise, atau membaca koran dan majalah untuk mencari suatu produk atau
layanan yang dibutuhkan. Namun secara konstan, jumlah orang yang menggunakan
internet untuk mencari informasi mengenai berbagai kebutuhan, terus mengalami
lonjakan yang luar biasa. Untuk mengimbanginya, maka perusahaan-perusahaan
melaksanakan dalam bidang bisnisnya.
2. Kecepatan akses informasi.
Internet saat ini kedepan
akan menjadi pemimpin dalam dunia informasi. Para calon konsumen merasa dapat
mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih
cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya
melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall.
Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik
dapat berpeluang memimpin pasar.
Selain itu, melalui internet
marketing, berbagai informasi produk atau layanan yang dimiliki perusahaan akan
lebih cepat diterima oleh calon konsumen. Ke depan, akan lebih banyak calon
konsumen yang mengharapkan perusahaan memiliki skema internet marketing, untuk
memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhannya.
3. Target market yang tak terbatas.
Salah satu keuntungan vital
menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas.
Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet
marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya.
Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima
informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.
Bagi perusahaan, data
konsumen potensial dapat mereka kumpulkan dari pengunjung website yang mereka
miliki. Divisi perusahaan yang menangani internet marketing, akan dengan mudah
melacak calon-calon konsumen potensial, melalui data pengunjung website yang
secara berulang mengunjungi website mereka.
Dengan berdasarkan ketiga
alas an diatas, semakin banyak perusahaan atau internet marketer yng menyadari
pentingnya posisi internet marketing dalam bisnis mereka. Saat ini mereka dapat
dikatakan berlomba-lomba merumuskan berbagai kebijakan untuk merancang sebuah
internet marketing plan, yang mereka anggap tepat sebagai sarana pemasaran yang
strategis.
Dapat dikatakan setiap
perusahaan atau internet marketer saat ini tidak mau ketinggalan informasi
sedikitpun dalam perkembangan internet marketing. Karena mereka tahu, apabila
mereka tertinggal dalam hal internet marketing, maka mereka akan berpotensi
mengalami penurunan jumlah konsumen potensial untuk beberapa waktu kedepan.
Internet marketing, memiliki
tujuh konsep tahap dikenal dengan sebutan The Seven Stages of Internet
Marketing, yakni :
(1) Setting Corporate and
Business-Unit Strategy
Strategi bisnis adalah dasar
pijakan bagi siapapun yang berkecimpung dalam marketing. Strategi perusahaan
mengacu pada interrelasi antara berbagai unit bisnis, termasuk iantaranya
segala hal yang harus diputuskan, didebatkan, dan diargumentasikan. Unit bisnis
bertugas untuk fokus terhadap strategi untuk bersaing dalam persaingan
kompetitif
(2) Framing the Market
Opportunity
Tahapan kedua membahas
tentang analisis mengenai kesempatan yang terhampar dalam pasar dan mengacu
pada langkah pertama konsep bisnis, yakni mengumpulkan data offline dan online
untuk menjadi acuan persaingan dalam dunia marketing
(3) Formulating the Marketing
Strategy
Internet marketing berdasar
kepada strategi marketing tentang korporasi, unit bisnis, dan segala hal yang
berkaitan, yang dimiliki oleh internet marketer. Tujuan, sumber, dan apapun
yang dilakukan dalam marketing, haruslah didasarkan pada strategi. Formulasinya
harus tepat sasaran. Pada akhirnya, strategi harus dibuat berdasarkan data yang
didapat baik secara online maupun offline.
(4) Designing the Customer
Experience
Internet marketer harus
mengerti tipe konsumen yang akan mereka tangani dan segala macam latar belakang
dan pengalamannya. Hal tersebut harus dikorelasikan dengan strategi marketing
dan posisi internet marketer. Lebih lanjut, pengalaman konsumen akan menjadi
jembatan antara marketing dan program-program yang menyokongnya.
(5) Designing the Marketing
Program
Menyempurnakan
langkah-langkah sebelumnya, yakni mendesain program marketing yang tepat bagi
konsumen dan internet marketer, dengan tujuan agar keinginan awal keduanya
tercapai dan kedua belah pihak terpuaskan. Dalam desain program, maka harus
dipikirkan tentang segmen target, target konsumen, dan sebagainya. Dalam
hubungannya dengan konsumen maka ada empat aspek yang harus diperhatikan.
Dasarnya adalah konsep Building and Nurturing Customer Relationships: koneksi
atau ikatan yang tercipta antara internet marketer dan konsumen. Ikatan ini
bisa dibentuk dari aspek kognitif dan emosional. Ikatan ini dapat berujung pada
komitmen, relasi, dan manifestasi yang sangat dalam terhadap suatu produk,
merk, dan sebagainya. Empat aspek tersebut, yakni
·
Awareness: Konsumen menjadi sadar akan
kualitas, integritas, kapabilitas, dan segala hal melalui banyak cara, termasuk
diantaranya dari mulut ke mulut, iklan televisi, program marketing online, dan
banyak lagi yang intinya ingin memperkenalkan dan menguatkan kepercayaan konsumen;
·
Exploration: pada tahap eksplorasi, konsumen
dan internet marketer mulai untuk menginisiasi komunikasi dan aksi untuk
melaksanakan evaluasi mengenai langkah dan proses yang mereka terapkan;
·
Commitment: pada konteks ini, komitmen dari
konsumen sangat diperhatikan. Istilahnya, komitmen adalah state of mind, dimana
ingatan dan kepercayaan akan suatu merk, produk, dan lainnya berada di posisi
puncak pikiran kita;
·
Dissolution: pemutusan
hubungan adalah hal yang paling tidak diingankan oleh konsumen maupun internet
marketer. Maka dari itu, hal ini jangan sampai terjadi, apalagi jika hubungan
yang terjalin mempunyai prospek yang menguntungkan. Ikatan harus tetap dijaga
dengan mempertahankan segala aspek yang sudah disebutkan diatas.
(6) Crafting the Costumer
Interface
Internet telah bergeser
menjadi salah satu pilar penting dalam marketing. Kini, interface atau
penghubungan antara konsumen dan internet marketer dapat dilakukan sekejap
dengan melalui PC (Personal Computer), subnotebook, gadget digital, ponsel,
layanan WAP, dan aplikasi serta peralatan yang dapat mengakses internet
(7) Evaluating the Marketing
Program
Tahapan terakhir ini meluputi
evaluasi dari segala langkah yang telah dilakukan tadi, yakni melihat apakah
metriks kepuasan antara konsumen dan internet marketer sudah seimbang.
Pesatnya perkembangan
teknologi memungkinkan segala hal dilakukan melalui internet. Tren yang
berkembang dalam marketing interaktif diantaranya konsep
·
Creating In-Store Traffic, yakni kecenderungan
retailer untuk melihat web dan mengamati catalog via internet. Selain itu,
·
Membership (Affinity) Clubs atau registrasi
yang dilakukan konsumen terhadap basis data yang disediakan internet telah
menciptakan pembelian yang signifikan.
·
Namun tak dapat dipungkiri,
bahwa fenomena Issues of Privacy and Security, yakni mengenai keamanan dan
privasi menjadi perhatian tersendiri yang harus diperhatikan untuk memenuhi
tujuan marketing.
Kelebihan dan Kekurangan dari
strategi internet marketing.
Dalam hal ini ada dua strategi yang akan dijabarkan.
1. PPC atau pay per click adalah model periklanan berbayar yang
penghitungan biaya iklannya didasarkan jumlah klik. Contohnya seperti
kliksaya.com, ppcindo.com, adsensecamp.com, dan yang lainnya.
Kelebihan PPC:
·
Menghasilkan traffik secara cepat. Baik anda
sebagai pemilik produk atau affiliate, menggunakan iklan PPC adalah cara cepat
mendatangkan traffik. Saat anda mulai pasang iklan PPC, saat itu juga traffik
membanjir ke blog anda.
·
Anggaran iklan mudah diatur.
Iklan yang dipasang bisa diatur sesuai anggaran dana yang tersedia. Saran saya,
mulai dengan dana anggaran paling minimal sesuai aturan masing-masing penyedia
layanan PPC. Dana anggaran iklan minimal dimaksudkan untuk menguji efektivitas
pemasangan iklan.
·
Hasil terukur. Hasil yang anda dapat mudah
diukur dengan menggunakan PPC. Anda bisa ukur dari laporan yang tersedia.
·
Pengeluaran terkontrol. Dana iklan yang anda
belanjakan bisa dikontrol. Untuk awal pemasangan iklan, seperti saya bilang
tadi, anda sebaiknya mulai dari dana iklan minimal.
·
Mudah dimonitor. Anda dengan mudah memonitor
tampilnya iklan anda.
·
Hasil cepat. Kalau sudah ahli
menggunakan PPC, bisa menghasilkan uang secara cepat.
Kekurangan PPC:
·
Perlu biaya. Jelas untuk
membayar iklannya membutuhkan uang. Apalagi kalau baru awal pasang iklan, anda
perlu lakukan uji coba pemasangan iklan untuk mendapatkan cara paling efektif
pemasangan iklan.
·
Perlu tes. Dalam rangka
pengetesan, untuk satu jenis produk, bisa jadi anda buat berbagai variasi
pemasangan iklan.
·
Perlu persiapkan landing page. Pembuatan
landing page yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan pemasangan
iklan anda. Karenanya anda perlu buat landing page yang efektif untuk promosi.
·
Kompetisi tetap ada. Karena bukan hanya anda
yang pasang iklan, artinya iklan anda pun berkompetisi dengan iklan lain dalam
memperebutkan perhatian. Karenanya anda perlu tahu bagaimana membuat iklan yang
efektif.
2. SEO atau search engine
optimization adalah upaya mengoptimalkan situs web anda, baik dengan optimasi
internal maupun eksternal, agar situs web anda berada di urutan atas search
engine. Atau minimal masuk halaman pertama search engine.
Kelebihan SEO:
·
Banjir traffik. Kalau situs web anda berhasil
nangkring di urutan pertama, atau minimal masuk halaman pertama, situs web anda
berpeluang besar mendapatkan limpahan traffik.
·
Biaya minimal. Tapi tetap perlu kerja dan
waktu yang lumayan. Karenanya saya bilang SEO itu tidak gratis!
·
Mudah dipantau. Bisa
dimonitor hasil dan perkembangannya lewat berbagai cara.
·
Software. Tersedia banyak software pendukung
untuk memaksimalkan SEO yang anda lakukan.
·
Cepat terkenal. Makin sering situs web anda
berada di urutan atas search engine, makin banyak orang yang mengenal web anda.
·
Layanan SEO. Kalau anda sukses meng-SEO-kan
situs web anda, anda bisa ikut jalankan layanan jasa SEO.
·
Tidak harus anda sendiri.
Untuk melakukan SEO, tidak harus anda sendiri yang melakukannya. Anda bisa cari
orang atau gunakan jasa SEO untuk meng-SEO-kan situs web anda.
Kekurangan SEO:
·
Boros waktu. Kalau anda lakukan sendiri, jelas
perlu waktu dan tenaga ekstra. Karena SEO perlu dijalankan dan dimonitor setiap
hari.
·
Tergantung search engine. Mengandalkan SEO
berarti perkembangan situs web sangat tergantung search engine. Kalau posisi
situs web anda kena “gempa bumi” alias tidak stabil posisinya di search engine,
langsung penghasilan bisnis internet melorot.
·
Banyak hal teknis. Kalau anda lakukan SEO
sendiri, anda perlu banyak belajar hal teknis jika ingin berhasil.
·
Ikuti perkembangan. Algoritma
search engine terus berubah. Anda harus ikuti perkembangannya. Termasuk juga
aturannya.
·
Kompetisi sangat tinggi. Karena semua web
melakukan SEO, maka kompetisinya tinggi. Tapi jangan takut, salah satu cara
mengatasinya adalah melakukan blue ocean SEO.
Tips-tips Internet marketing
1.
Buatlah rancangan yang matang
sebelum membangun sebuah website, dan rencanakan pula aspek pengembangan dan
promosinya. Hal ini dapat mendorong agar website yang kita luncurkan terindex
dengan baik dimesin pencari (search engine).
2.
Buatlah sebuah rancangan
e-mail marketing yang efektif dan memukau, jangan lupa buat sebanyak mungkin
list calon konsumen. Respon secepatnya apabila ada calon konsumen yang meminta
penjelasan mengenai informasi suatu produk atau layanan yang ditawarkan.
3.
Analisa terus kinerja website
yang dimiliki. Agar lebih objektif dan efektif, mintalah asistensi dari para
penyedia layanan website analysis consultant.
4.
Tulis dan publikasikan
berbagai artikel mengenai website dan produk atau layanan yang dimiliiki, ke situs-situs
bookmarketing atau jejaring lainnya. Agar calon konsumen potensial dapat lebih
mudah menemukan berbagai informasi yang kita buat.
5. Susunlah sebuah program promosi melalui website, dan publikasikan
untuk lebih banyak menarik calon konsumen potensial.
6. Rebut dan dominasi pasar, melalui perluasan
jaringan distribusi. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan
program affiliasi.
Dengan menjalankan semua tips
diatas, kemungkinan strategi internet marketing dalam bisnis yang akan dijalankan
dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.
Kesimpulan
Dalam pembuatan artikel ini, saya dapat menarik beberapa
kesimpulan.
1. Semakin hari pengguna Internet semakin banyak. Ini berarti
"pasar" di Internet semakin hari semakin tidak terbatas!
2. Tidak ada 'krisis global' di dunia Internet Marketing. Yang terjadi
adalah kebalikan! Peluang usaha semakin banyak, dan bertambah setiap hari!
3. Internet Marketing atau bisnis online cukup dijalankan di rumah
saja.
4. Saat Anda paham betul dan menguasai ilmu Internet Marketing, Anda
bisa jualan apa saja, dan ke mana saja, semau Anda, sesuka hati!
5. Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang
mampu menyatukan ILMU dengan TEKNOLOGI adalah mereka yang akan tampil sebagai
pemenang. Mereka akan semakin maju dan semakin kaya!
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda